KPA EMC²

PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKITAR SUNGAI SIAK OLEH KPA EMC² BERSAMA IOM PEKANBARU

Foto bersama IOM Pekanbaru dan Masyarakat Sekitar

KPA EMC² FMIPA UNRI bersama IOM Pekanbaru Melaksanakan Kegiatan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Tema: Aksi Tanam Dan Bersih Sebagai Wujud Mendukung Program Riau Hijau.

Rabu (15 Juni 2022), KPA EMC² FMIPA UNRI Bersama IOM Pekanbaru melakukan serangkain kegiatan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa pencinta alam se-pekanbaru dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau yang bertempat di taman Tuan Kadi, adapun bentuk kegiatannya adalah:

  1. Aksi Tanam 500 bibit buah dan pohon

Kegiatan aksi tana mini dilaksanakan di sepanjang bantaran sungai siak, diwilayah RW. 07 dan wilayah RT 03, RW 09 Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. Bibit tanaman yang ditanam adalah Bibit Pohon hutan dan bibit Buah-buahan, selain akarnya bisa menahan abrasi, buahnya nanti bisa bermanfaat untuk masyarakat setempat.

  • Bagi-Bagi Bibit buah dan pohon kepada Masyarakat di Kelurahan Meranti Pandak.

Bibit Buah dan pohon yang dibagikan akan diminta untuk ditanam di pekarangan rumah masyarakat di Kelurahan Meranti Pandak, dengan dharapan akan menambah hijaunya kota pekanbaru melalui Kelurahan Meranti Pandak.

  • Advokasi Lingkungan

Kegiatan ini sebagai bentuk himbauan kepada masyarakat untuk lebih peka dan peduli terhadap persoalan lingkungan yang terjadi saat ini,  besar harapannya persoalan yang ada bisa sampai ke para pemangku kepentingan untuk dapat dicari solusinya.

  • Galeri Foto

Menampilkan berbagai foto terkait persoalan lingkungan hidup, sosial dan budaya serta foto dari pemenang lomba fotografi. Kegiatan ini di laksanakan di taman Rumah Tuan Khadi.

  • Lomba Foto

Foto terkait persoalan lingkungan yang ada di sekitar kota pekanbaru, hal ini untuk menambah kepedulian masyarakat khususnya generasi muda terhadap persolan lingkungan di Kota Pekanbaru.

Menurut Rina Noviana, ketua umum KPA EMC², kegiatan pelestarian Lingkungan ini adalah kegiatan lanjutan sebagai wujud mendukung program Riau Hijau yang dicanangkan oleh Gubernur Riau, sungai siak dipilih sebagai pusat kegiatan karena merupakan salah satu Daerah Aliran Sungai (DAS) masuk dalam kategori yang sangat kritis, dengan aksi tanam ini, semoga memberikan kontribusi untuk DAS Siak dan masyarakat sekitarnya.

Desti Seri Fatimah selaku Ketua pelaksana kegiatan Pelestarian Lingkungan Hidup (PLH) menyatakan bahwa kegiatan kali ini kita adakan di luar kampus FMIPA UNRI, karena melihat fenomena alam yang terjadi akibat persoalan lingkungan sudah nyata kita rasakan saat ini, Perubahan Iklim dan Cuaca ekstrim sudah didepan mata. Besar harapannya kegiatan ini bisa menumbuhkan budaya menanam kepada generasi muda, serta dapat meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap persoalan lingkungan yang terjadi disekitar kita saat ini.

 

Bagikan

LAMBANG

Lambang KPA EMC² adalah segitiga berada di tengah-tengah setengah lingkaran yang ada di atas dasar warna putih dengan sudut lancip di bawah dengan arti lambang menunjukkan kedudukan di FMIPA UNRI serta menunjukkan KPA EMC² berorientasi pada lingkungan dan kelestarian alam yang berbasiskan penelitian di dasari sebagai perwujudan dan bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa.